Polri  

Polres Metro Tangerang Kota Gelar Patroli Skala Besar Antisipasi Tawuran Malam Dini hari

Patrolihukum, Kota Tangerang– Polres Metro Tangerang Kota menggelar Patroli Skala Besar malam dini hari mulai pukul 24.00 WIB hingga menjelang subuh, Rabu (5/6/2024).

 

 

Patroli dilakukan, guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, termasuk aksi tawuran.

 

Libatkan ratusan personil gabungan, kegiatan diawali dengan apel malam dipimpin Kapolres bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya.

 

“Pelaksanaan patroli skala besar ini dalam rangka mencegah gangguan Kamtibmas termasuk tawuran antar kelompok remaja yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat” kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

 

Menurutnya, Patroli adalah kegiatan yang paling efektif dalam rangka pencegahan kejahatan (crime preventif,red). Kehadiran 3 Pilar baik Polisi, TNI dan Pemkot Tangerang ditengah masyarakat dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat karena rasa aman dan nyaman dapat tercipta dengan kegiatan patroli.

 

“Kehadiran petugas di lapangan tidak bisa diganti dengan teknologi informasi apapun,” kata Dia..

 

Lebih dalam Zain mengatakan, Kegiatan ini merupakan atensi langsung Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, dengan menugaskan para PJU Polda Metro Jaya mendatangi Polres Jajaran untuk memberikan asistensi dalam pelaksanaannya sehingga berjalan efektif dan tepat sasaran.

 

“Sebanyak 300 Personil gabungan dilibatkan pada kegiatan Patroli Skala Besar ini , meliputi personel dari Polres, Kodim 0506/TGR , Satpol PP, Dishub Kota Tangerang,” jelas Zain.

 

Pola kejahatan jalanan atau tawuran ini dinilai sangat tidak menentu polanya, seperti main kucing-kucingan dengan aparat. Kata Zain hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh personel polri dalam melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat.

 

“Disamping giat Patroli, Polres Metro Tangerang Kota juga mendirikan 29 pos pantau guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di titik-titik rawan bertemu,” terangnya.

 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menambahkan bahwa Kapolda Metro Jaya sangat memberikan atensi tehadap kehadiran personil kepolisian di tengah masyarakat.

 

Operasi Ini digelar secara serentak, melibatkan 26 pejabat Polda yang ditugaskan untuk turun bersama Kapolres dan jajarannya.

 

“Patroli skala besar ini serentak dilaksanakan seluruh Polres Jajaran. Menunjukan kepada masyarakat bahwa polisi di tiap Polres hingga Polsek itu ada di lapangan 24 jam melakukan patroli rutin maupun patroli skala besar guna memberikan rasa aman,” ujar Ade.

 

Adapun tujuannya adalah memberikan rasa aman dengan adanya patroli 3 pilar berseragam. Dan ini diharapkan mampu mencegah. Walaupun disisi lain kegiatan pre-emtif itu terus dilakukan petugas.

 

“Patroli ini harus efektif, efisien dan tepat sasaran berdasarkan karakteristik kriminologi atau pola kejahatan yang terjadi saat ini,” tandasnya.

 

Pada giat Patroli Skala Besar tersebut, Kapolres dan Kabid Humas Polda Metro Jaya juga menyambangi Pos Satkamling RW 07 Kel Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci untuk mengetahui kesiapan warga dalam menghadapi Gangguan Kamtibmas dan menampung aspirasi maupun keluhan warga masyarakat terkait masalah Kamtibmas di lingkungannya. Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *