Sedekah Bumi di Desa Pragelan, Bojonegoro: Tradisi Tahunan yang Meriah

Bojonegoro, 05/07/2024 – Kegiatan sedekah bumi di Desa Pragelan, Bojonegoro, kembali digelar pada hari Jumat, 5 Juli 2024. Acara tahunan yang rutin diselenggarakan ini berlangsung dengan penuh antusiasme dan semangat gotong royong dari masyarakat Dusun Pragelan.

Warga setempat berbondong-bondong datang ke Sendang Endek dengan membawa tumpeng dan makanan lainnya. Setelah berdoa bersama, hidangan tersebut dibagikan kepada seluruh masyarakat yang hadir di sekitar Sendang Endek. “Kami sangat senang bisa bergotong royong dalam acara ini. Selain berdoa, kami juga bisa berbagi makanan dengan sesama,” ujar salah satu warga.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Pragelan, Bu Rumiati, beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Bu Rumiati menekankan bahwa kegiatan sedekah bumi di Sendang Endek ini merupakan tradisi tahunan yang sangat penting bagi masyarakat. “Setelah kegiatan ini, kami melanjutkannya dengan hiburan Tayup di rumah saya. Ini adalah bagian dari cara kita bersyukur atas segala rezeki dan kesehatan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Bu Rumiati.

Hiburan Tayup yang digelar di rumah Bu Rumiati juga turut diramaikan oleh warga dari dusun sebelah dan desa lain. “Hiburan Tayup sangat meriah, banyak warga yang datang untuk menikmati acara ini,” kata salah satu pengunjung.

Bu Rumiati menegaskan bahwa tradisi sedekah bumi ini adalah wujud rasa syukur masyarakat Desa Pragelan atas berkah kesehatan, keselamatan, dan rezeki yang mereka terima. “Melalui acara ini, kita mengingatkan diri untuk selalu berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Sedekah bumi di Desa Pragelan bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antarwarga. Semangat gotong royong dan kebersamaan inilah yang membuat tradisi ini tetap lestari hingga kini.

 

**Yahmin**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *