Luhut dan Wang Yi Saling Bahas Penguatan Kerjasama Indonesia-China dalam Stabilitas Energi

Jakarta, 14 Juni 2024 – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi hari ini untuk membahas langkah-langkah strategis guna memperkuat kerjasama bilateral antara Indonesia dan China dalam bidang energi. Pertemuan yang berlangsung di Jakarta ini menyoroti upaya keduanya untuk memastikan stabilitas pasokan gas alam cair (LNG) yang vital bagi kepentingan kedua negara.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat, Luhut menekankan pentingnya kolaborasi yang lebih erat antara kedua negara untuk mempertahankan stabilitas harga dan pasokan LNG di pasar global. “Indonesia dan China memiliki kesepakatan jangka panjang dalam perdagangan LNG, yang menjadi landasan hubungan energi bilateral kita,” ujar Luhut.

Di sisi lain, Wang Yi menyambut baik kerjasama yang lebih dalam dengan Indonesia, menyebut bahwa China berkomitmen untuk memperluas investasi dan teknologi dalam infrastruktur energi di Indonesia. “Kami siap meningkatkan investasi dalam proyek-proyek infrastruktur energi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan,” kata Wang Yi.

Pertemuan ini juga mencatat komitmen bersama untuk melanjutkan dialog yang intensif dalam menanggapi perubahan dinamika pasar energi global. Luhut menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi China dalam memenuhi kebutuhan energi yang terus berkembang. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *