Kapolri: Idul Adha Momentum Jaga Toleransi

Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah kepada umat Islam di seluruh Indonesia. Dalam pesan yang disampaikan pada Senin (17/6/24), Jenderal Sigit mengucapkan, “Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin.”

Menurut Kapolri, Hari Raya Idul Adha bukan hanya sekadar perayaan, melainkan juga momentum untuk memperingati kesediaan Nabi Ibrahim AS mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS, sebagai bentuk kepatuhan kepada Allah SWT. “Momentum ini harus menjadi pengingat agar semangat toleransi terus digaungkan,” tegas Jenderal Sigit. “Mari bersama memperingati Hari Raya Kurban dengan semangat toleransi dan persatuan untuk menjaga utuhnya kebhinekaan.”

Salat Idul Adha di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri diikuti oleh jajaran pejabat utama (PJU) Mabes Polri, dengan khutbah disampaikan oleh Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Ali Munhanif, M.A., Ph.D.

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho melaporkan bahwa dalam kesempatan ini terdapat 8.583 hewan kurban yang akan didistribusikan. Jumlah tersebut terdiri dari 5.209 sapi dan 3.374 kambing. Dari total hewan kurban ini, 611 sapi dan 17 kambing dikumpulkan di Satker Mabes Polri, sementara sisanya, 4.598 sapi dan 3.357 kambing, berasal dari Polda jajaran.

Irjen. Pol. Sandi Nugroho juga menambahkan bahwa pendistribusian hewan kurban PJU Mabes diarahkan ke berbagai tempat, termasuk Komplek Polri, Asrama Polri, Pondok Pesantren, Yayasan Yatim Piatu, serta Mako Polres dan Polsek se-Jabodetabek. “Dengan distribusi ini, diharapkan semangat berbagi dan kepedulian sosial dapat semakin ditingkatkan,” tutup Kadiv Humas.

Perayaan Idul Adha kali ini diharapkan dapat memperkuat semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga kebhinekaan Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *