Polri  

Breaking News! Kapolri Mutasi Ratusan Anggota Polri, Irjen Syahardiantono Jadi Kabaintelkam

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi dan memutasi ratusan anggota Polri. Berdasarkan empat Surat Telegram (ST), sebanyak 745 personel baik perwira menengah (pamen) maupun perwira tinggi (pati) dimutasi dan dirotasi jabatannya.

Keempat surat telegram tersebut bernomor ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, ST/1238/VI/KEP./2024, dan ST/1239/VI/KEP./2024. Surat-surat tersebut ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, pada tanggal 26 Juni 2024.

“Promosi dan mutasi di internal Polri adalah hal biasa dalam rangka kebutuhan organisasi, pembinaan karir, tour of duty, tour of area dan pergantian anggota yang memasuki masa pensiun,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Salah satu jabatan yang berganti adalah Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, yang akan diisi oleh Irjen Pol Syahardiantono. Ia menggantikan Komjen Pol Suntana yang memasuki masa pensiun.

Pangkat Irjen Syahar, yang kini menjabat sebagai Kadiv Propam Polri, akan naik menjadi jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen). Sebagai penggantinya, Irjen Pol Abdul Karim ditunjuk sebagai Kadiv Propam. Irjen Abdul Karim saat ini menjabat sebagai Kapolda Banten. Posisi Kapolda Banten akan diemban oleh Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya.

Sementara itu, posisi Wakapolda Metro Jaya akan ditempati oleh Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy, yang kini menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Timur.

Selain itu, ada juga pergantian pimpinan Kapolda Sumatera Utara. Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri (Persiapan Penugasan di Luar Struktur). Penggantinya adalah Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, yang kini menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.

(Yahmin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *