Polres Magetan Himbau Perguruan Silat Hindari Kegiatan yang Memicu Konflik

MAGETAN – Menyambut Bulan Muharram 1445 H, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Magetan menggelar rapat koordinasi untuk mengantisipasi potensi konflik. Rapat yang berlangsung pada Rabu (19/6/2024) di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk unsur Forkopimda, perwakilan Lanud Iswahyudi, KONI, serta pengurus perguruan pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Magetan.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, dalam sambutannya menekankan pentingnya koordinasi untuk mencegah konflik internal di antara perguruan silat. Hal serupa disampaikan oleh Wakapolres Magetan, Kompol Arie Taufan Budiman, yang menegaskan pentingnya menghindari tindakan seperti konvoi kendaraan dan konsumsi minuman keras yang bisa memicu kerusuhan.

Dalam upaya menjaga kondusifitas selama Bulan Muharram, Forkopimda bersama TNI dan Polri merencanakan langkah-langkah preventif seperti pertemuan rutin ketua perguruan, penyelenggaraan turnamen pencak silat, serta pengawasan ketat terhadap kegiatan-kegiatan tradisional seperti ziarah makam dan Suran Agung.

Kompol Arie Taufan menegaskan bahwa kerjasama antara masyarakat dan aparat keamanan adalah kunci utama dalam menjaga stabilitas dan keamanan di Kabupaten Magetan selama perayaan Bulan Suro.

Diharapkan melalui rapat koordinasi ini, semua pihak dapat menyelaraskan langkah-langkah untuk menjaga keamanan serta mencegah gangguan kamtibmas selama bulan suci ini berlangsung di Magetan.

**Pewarta: Edi D/Red**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *