Upacara Penggantian Kiswah Ka’bah Tahun Ini Terbilang Spesial, Petugas Wanita Ikut Berpartisipasi

Makkah – Upacara penggantian kiswah Ka’bah tahun ini mencatat sejarah baru. Untuk pertama kalinya, petugas wanita dari Otoritas Urusan Umum di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi diikutsertakan dalam upacara tahunan yang penuh khidmat ini.

Kiswah, kain penutup Ka’bah yang terbuat dari sutra murni dan dihiasi dengan sulaman benang emas, diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan hari Arafah. Upacara ini merupakan bagian dari persiapan untuk menyambut musim haji yang diikuti oleh jutaan umat Muslim dari seluruh dunia.

Partisipasi petugas wanita dalam upacara penggantian kiswah merupakan langkah signifikan yang mencerminkan peran aktif wanita dalam menjaga dan merawat dua masjid suci, yaitu Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Mereka telah menjalani pelatihan khusus untuk memastikan proses penggantian kiswah berjalan lancar dan sesuai dengan protokol yang berlaku.

“Saya merasa sangat terhormat dan bangga bisa menjadi bagian dari momen bersejarah ini. Ini adalah bukti bahwa wanita dapat berperan aktif dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam ritual keagamaan yang sangat penting ini,” ujar salah satu petugas wanita yang terlibat dalam upacara tersebut.

Langkah ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk para jamaah yang hadir di Masjidil Haram. Mereka melihat partisipasi petugas wanita sebagai simbol kemajuan dan inklusivitas dalam pelaksanaan ritual-ritual suci di Tanah Suci.

Dengan adanya perubahan ini, diharapkan semakin banyak wanita yang dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan penting di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pelayanan kepada para jamaah.

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *