Stop Bullying: Polres Probolinggo Gelar Psikoedukasi Bagi Pelajar

PROBOLINGGO,- Dalam upaya mencegah perundungan di kalangan pelajar, Polres Probolinggo Polda Jatim melaksanakan kegiatan Psikoedukasi di berbagai sekolah.

Kegiatan ini disampaikan oleh konselor Polres Probolinggo yang membahas tentang bahaya perundungan terhadap kesehatan mental. Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana melalui Konselor, Bripka Mukhtar Yuliarto, menyatakan bahwa Psikoedukasi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif bagi proses pembelajaran.

Bripka Mukhtar menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan mendukung kesehatan mental anak-anak selama masa pendidikan mereka. “Psikoedukasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM Polda Jatim dan Polres Probolinggo sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap dunia pendidikan,” katanya pada Selasa (11/6).

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Bhayangkara ke-78, di mana para pelajar diberi materi dan motivasi untuk menjadi generasi penerus bangsa yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. “Target kami adalah agar para pelajar terhindar dari kenakalan remaja dan perbuatan melanggar hukum,” tambah Bripka Mukhtar.

Anggota Polres Probolinggo dari Satuan Binmas menambahkan bahwa kegiatan psikoedukasi ini dilakukan secara berkala dan bergantian di berbagai sekolah di Kabupaten Probolinggo. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi sehingga kualitas pendidikan semakin meningkat,” ucap Bripka Mukhtar.

Kegiatan Psikoedukasi ini disambut antusias oleh para siswa dan guru. Hal ini terlihat dari semangat dan keceriaan para pelajar yang mengikuti kegiatan yang dipandu oleh Konselor Polres Probolinggo.

Abdi Budi Satriyo, Kepala SMA Negeri di Probolinggo, menyampaikan terima kasih kepada Polres Probolinggo Polda Jatim atas kehadiran Tim Psikologi di sekolahnya. “Saya mewakili seluruh stakeholder di sekolah mengucapkan terima kasih kepada Polres Probolinggo atas kepedulian mereka terhadap anak didik kami,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Psikoedukasi adalah sebuah tindakan modalitas yang disampaikan oleh profesional, yang mengintegrasikan dan mensinergikan antara psikoterapi dan intervensi edukasi.

 

(Ma’at/Ramadhani/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *