Polres Tulungagung Berhasil Ungkap 35 Kasus Kejahatan, 38 Tersangka Diamankan

TULUNGAGUNG – Polres Tulungagung Polda Jatim berhasil menunjukkan komitmennya dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengungkap 35 kasus kejahatan dalam kurun waktu 12 hari terakhir. Sebanyak 38 tersangka berhasil diamankan dalam operasi yang dipimpin oleh Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi, SH, SIK, M.Si, seperti yang diungkapkan oleh Kasatreskrim, AKP Muchammad Nur di Mapolres Tulungagung pada Rabu (10/7).

“Semua tersangka telah kami proses, dengan sebagian telah kami titipkan ke Lapas,” ujar AKP Muchammad Nur.

Dari 35 kasus yang berhasil diungkap, sebanyak 21 kasus merupakan tindak kejahatan pencurian dengan pemberatan (Curat) yang terjadi di berbagai lokasi kejadian di Kabupaten Tulungagung.

“Selain Curat, terdapat 10 kasus Curanmor dan 4 kasus tindak kejahatan lainnya,” tambah AKP Muchammad Nur.

Para pelaku yang terlibat dalam tindak kejahatan Curat dan Curanmor akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP yang mengancamkan hukuman maksimal 9 tahun penjara, sementara untuk kasus Curas akan dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Adapun kasus penyalahgunaan bahan peledak atau petasan akan ditangani berdasarkan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat No. 12 tahun 1951, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan meningkatkan kehati-hatian terhadap barang pribadi mereka, baik siang maupun malam, untuk menghindari terjadinya kejadian yang disebabkan oleh kelalaian pemilik,” tegas AKP Muchammad Nur. (*)

Dengan berita ini, Polres Tulungagung menegaskan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan peringatan kepada publik untuk lebih waspada terhadap potensi kejahatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *