Patung Ibu Pertiwi di Monumen Nasional: Menghidupkan Kembali Semangat Bumi Indonesia

**Monumen Nasional Jakarta Memperkenalkan Patung Ibu Pertiwi: Menghidupkan Kembali Personifikasi Bumi Indonesia**

Jakarta – Dalam upaya menghargai dan memperkuat warisan budaya serta patriotisme, Monumen Nasional Jakarta memperkenalkan patung Ibu Pertiwi yang megah, menggambarkan dewi agung dalam busana tradisional Jawa Kuno. Patung ini menjadi simbol kuat dari penghormatan bangsa terhadap alam dan tanah air Indonesia.

Ibu Pertiwi, personifikasi nasional Indonesia, telah lama dihormati sebagai simbol bumi yang memberikan kehidupan. Sejak masa prasejarah, berbagai suku di kepulauan Nusantara mengibaratkan roh alam dan kekuatan bumi sebagai ibu yang merawat dan memberi. Setelah pengaruh Jawa Kuno menyebar di Nusantara, Ibu Pertiwi dikenal sebagai Dewi Pertiwi, dewi bumi yang dihormati.

Patung Ibu Pertiwi ini bertujuan untuk memperkuat pesan patriotisme yang selama ini diungkapkan melalui berbagai lagu dan puisi perjuangan, seperti “Ibu Pertiwi” dan “Indonesia Pusaka”. Di Monumen Nasional, patung ini tidak hanya memperkaya pengetahuan sejarah, tetapi juga menghidupkan kembali rasa cinta tanah air dalam setiap pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta, Rahayu, menyatakan, “Patung Ibu Pertiwi ini adalah bentuk penghargaan kita terhadap warisan budaya yang kaya serta untuk mengingatkan generasi muda tentang pentingnya menjaga dan merawat bumi kita.”

Dengan adanya patung ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih memahami dan menghargai simbol-simbol nasional yang telah menjadi bagian penting dari identitas bangsa. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *