Waorjen TNI Pulang Kampung Untuk Ziarah di Makam Leluhurnya

Tuban – Wakil Oditur Jenderal TNI (Waorjen TNI), Brigjen TNI Agus Hari Suyanto Pulang Kampung Untuk Melaksanakan Ziarah Rutin di Makam Leluhurnya, di Kompleks Pemakaman Pribadi milik Eyang Buyut Bupati Tuban Ke-20 dan Ke-22 Alm Raden Bambang Sujono Putro (Merupakan Kakek buyutnya) Dan Raden Ayu Fatimah di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan ,Jumat (10/11/2023).

Pada waktu yang Sama Waorjen TNI Brigjen TNI Agus Juga Menerima Rombongan Bupati Tuban Beserta FORKOPIMDA yg Sedang Melaksanakan Ziarah Rutin ke Makam Para Bupati Pendahulunya.

“Sebagai Bentuk Rasa Syukur dan sebagai wujud Suri Tauladan dari Para Bupati Tuban Pendahulunya, Mas Heleindra Selalu Melaksanakan Acara Religius ini ,” Ucap Agus dihadapan awak media .

Jenderal TNI yg bersahaja dan merakyat ini, Kedatangannya di Tuban Setelah menempuh perjalanan Panjang Kurang Lebih 10 jam dari Stasiun Pasar Senin dan Tiba Menjelang Fajar di Stasiun Babat Lamongan pukul 03.40 WIB menggunakan Kereta Api Esekutif JAYABAYA /108 Relasi Jakarta Pasar Senin.

Sebelum menerima Rombongan Bupati beserta FORKOPIMDA TUBAN , Waorjen TNI beserta kluarga besarnya, terlebih dahulu telah melaksanakan ziarah ke makam mendiang Ayahnda dan mendiang Ibundanya yg ada di kompleks Pemakaman Kesambi desa Prunggahan Kec. Semanding Kab.Tuban, setelah selesai memanjatkan doa kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Boto Kecamatan Semanding Kab.Tuban, tempat Sumare EYANG BUYUTNYA, sekaligus untuk menyambut medatangan rombongan Bupati Tuban beserta FORKOPIMDA, yg akan melaksanakan Ziarah rutin tahunan bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-730 Tahun.

Rombongan Bupati Tuban tiba di kompleks Pemakaman trah keluarga Raden Bambang Sujono Putro di Desa Boto Kec.Semanding Kab.Tuban pukul 09.15 WIB disambut langsung oleh Brigjen TNI Agus yg mewakili ahli waris dan didampingi Lurah Desa Boto Bpk.Handoko, S.pd , tak ketinggalan pula Pejabat Muspika Kecamatan Semanding juga ikut hadir.

Usai Ziarah di makam Bupati Tuban yg ke- 22, rombongan Bupati Tuban beserta Forkopimda melanjutkan ziarah ke makam Raden Dandang Wacono Bupati Tuban Pertama.

“Beliau Peletak dasar berdirinya Kab. Tuban yg telah ada sekitar Abad 12 Akhir sebelum berdirinya Kerajaan Majopahit”, Ujarnya.

Brigjen TNI Agus hanya bisa mengikuti 5 titik rangkaian Ziarah Rombongan Bupati Tuban : diantaranya makam Bupati Tuban pertama, Dandang Wacana di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding.

Makam yang dikunjungi berikutnya adalah makam Sunan Bejagung Lor dan Tjitrosoman di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding. Rombongan Bupati Tuban menuju Makam Brawijaya V di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding. Makam terakhir yang dikunjungi pada ziarah makam leluhur, yaitu Makam Ibrahim Asmara Qondi di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang,setelah rangkaian ziarah selesai dilanjutkan dengan Ramah Tamah bertempat di Aula Kompleks Masjid Asmoro Qondi Rombongan Bupati menikmati jamuan makan siang yg telah disiapkan oleh ketua Yayasan Asmoro Qondi Pak Wo.

Sambil menikmati jamuan Makan Siang, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, S.E., bersama Forkopimda
Tuban mengungkapkan bahwa ziarah makam leluhur sebagai bentuk penghormatan atas jasa leluhur yang telah berjuang demi masyarakat Kabupaten Tuban, juga bentuk refleksi untuk meneladani perjuangan para pendahulu.

“Nilai-nilai luhur yang ditunjukkan para pendahulu menjadi pondasi bagi karakter generasi penerus Kabupaten Tuban. Karena generasi saat ini akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Kabupaten Tuban mendatang,” ungkapnya

Brigjen TNI Agus usai berziarah sore harinya, menuju Stasiun Babat Lamongan Untuk kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi kegiatan Ziarah Waorjen TNI, keluarga diwilayah Tuban dan Lamongan, Muspika Kec. Semanding Kabupaten Tuban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *