Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dorong Pemerintah Atur Tata Niaga Pertanian untuk Swasembada Pangan

Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budisatrio Djiwandono, menekankan pentingnya pengaturan tata niaga pertanian oleh pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan nasional. Menurutnya, pemerintah harus memastikan ekonomi para petani tidak mengalami kesulitan.

“Negara tidak boleh membiarkan ekonomi para petani kesulitan,” ujar Budisatrio. Ia juga merekomendasikan agar pemerintah berani mempromosikan produk-produk pertanian dalam negeri setelah swasembada pangan tercapai.

Selain itu, Budisatrio menyoroti pentingnya pembangunan pertanian di wilayah perbatasan dan pedesaan. Wilayah-wilayah ini berpotensi menjadi lumbung pangan nasional yang dapat mendukung kota-kota besar dan berkontribusi pada ekspor ke negara-negara tetangga.

“Dengan memperhatikan wilayah perbatasan dan pedesaan sebagai lumbung pangan nasional, kita bisa menciptakan penyangga bagi kota-kota besar dan membuka peluang ekspor,” tambahnya.

Pemerintah diharapkan dapat mengambil langkah konkret dalam mengatur tata niaga pertanian dan memanfaatkan potensi wilayah-wilayah perbatasan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *