Tingkatkan Kemampuan Bidhumas Polda Jatim: Gelar Pelatihan Government Transformation Academy

Pasuruan – Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda Jawa Timur bersama dengan BPSDM Kementerian Kominfo telah sukses menggelar Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) di BLKD Rejoso Kabupaten Pasuruan, yang dimulai pada Senin (3/6).

Lebih dari 100 personel dari berbagai satuan kerja dan Polres yang tergabung dalam jajaran Polda Jatim turut serta dalam pelatihan tersebut.

AKBP Sinwan, SE, MM, yang mewakili Kabidhumas Polda Jatim, menjelaskan bahwa pelatihan ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Digital Public Relations dan Social Media Analyst.

“Pelatihan ini berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 3 hingga 7 Juni 2024,” ujar AKBP Sinwan saat membuka pelatihan GTA tersebut.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi teknis dan keahlian bagi personel Polri, PNS Polri, dan non-ASN yang bertugas di lingkungan Polda Jatim dan Polres yang ada di bawahnya.

“Kami ingin membentuk dan meningkatkan kemampuan dalam hal digital public relation atau humas digital,” tambahnya.

Selain itu, pelatihan GTA ini diharapkan dapat memberikan kemampuan kepada fungsi Humas Polri untuk melakukan analisis media sosial dengan menggunakan alat yang sesuai kebutuhan, serta memanfaatkan hasil analisis tersebut untuk menyusun strategi kehumasan.

Pelatihan ini menjadi penting mengingat era Keterbukaan Informasi Publik dan perkembangan teknologi yang cepat, di mana fungsi Humas memiliki peranan strategis sebagai komunikator publik.

“Humas Polri harus mampu mengamankan kebijakan institusi, memberikan pelayanan, dan menyebarluaskan pesan atau informasi positif kepada masyarakat tentang program kerja Polri,” ungkap AKBP Sinwan.

Dengan demikian, diharapkan setelah pelatihan ini, peserta dapat lebih efektif dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di kesatuan masing-masing.

“Kami berharap setelah pelatihan ini selesai, rekan-rekan yang bertugas pada Kehumasan dapat lebih meningkatkan kemampuannya dalam menjalankan tugas pokok fungsi Humas,” tambahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *