Plh Bupati Probolinggo dan TPID Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2024

**Probolinggo, 10 Juni 2024** – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Probolinggo Heri Sulistyanto, S.Sos., M.Si bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Probolinggo aktif mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah tahun 2024 secara virtual. Acara ini diselenggarakan di ruang pertemuan Argopuro Kantor Bupati Probolinggo.

Rakor yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia tersebut dihadiri oleh para pejabat terkait, Gubernur, serta Bupati/Wali Kota se-Indonesia. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian dalam sesi rapat menyampaikan bahwa inflasi global Indonesia saat ini tercatat sebesar 2,84%, yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-73 dari 186 negara di dunia.

“Tingkat inflasi yang terjaga baik ini mengindikasikan stabilitas ekonomi negara kita. Namun, perlu kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah untuk mengendalikan harga-harga barang di pasar,” ujar Mendagri.

Plh Bupati Probolinggo Heri Sulistyanto menyampaikan bahwa Kabupaten Probolinggo mencatat angka inflasi yang mengejutkan, hampir mencapai -5%. Meskipun kondisi ini positif dalam mengendalikan inflasi, Heri mengingatkan bahwa perlu juga mempertimbangkan dampaknya terhadap petani lokal.

“Dengan mengadakan operasi pasar, subsidi barang, serta pengendalian penanaman tanaman tertentu seperti cabe, kita berharap dapat mempertahankan stabilitas harga dan mendukung kesejahteraan petani di daerah ini,” tambah Heri.

Rapat koordinasi ini menegaskan komitmen bersama untuk menjaga stabilitas ekonomi regional dalam menghadapi dinamika inflasi yang terus berubah. Langkah-langkah konkret seperti ini diharapkan dapat menjaga keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

**Edi D/Red**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *