Berita  

Perbedaan Mesin Turbojet dan Turbofan dalam Industri Penerbangan

Patrolihukum.net — Mesin turbojet dan turbofan merupakan dua varian dari mesin turbin gas yang memiliki perbedaan utama dalam cara menghasilkan gaya dorong (thrust).

Mesin turbojet, sesuai namanya, menghasilkan tenaga dorong sepenuhnya dari jet gas buang. Prinsip yang digunakan adalah Hukum Ketiga Newton, di mana aksi dorongan gas buang menghasilkan reaksi berupa gaya maju ke depan. Dengan kata lain, 100% tenaga dorong pada mesin turbojet berasal dari aksi dorongan gas buang tersebut.

Di sisi lain, mesin turbofan menggunakan kipas besar (fan) yang terletak di bagian depan kompresor sebagai sumber utama gaya dorongnya. Sebesar 80% tenaga dorong pada mesin turbofan dihasilkan oleh kipas ini, sedangkan sisa 20% berasal dari gas buang. Dengan demikian, meski kedua mesin ini menggunakan prinsip yang sama, perbedaan utamanya terletak pada sumber penghasil gaya dorong utama.

Kedua jenis mesin ini memiliki aplikasi dan keunggulan masing-masing dalam dunia penerbangan, tergantung pada kebutuhan spesifik dari pesawat yang menggunakannya.

(Edi D/Red/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *