Kontri Pantura Menyoroti Penggunaan Material Ilegal dalam Proyek GOR di Situbondo

Situbondo – Perkumpulan Kontri Pantura mengawasi ketat proyek pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) Gelora Bung Karna di Desa Kilensari, Panarukan, Situbondo. Mereka menegaskan kesiapannya untuk melawan jika kontraktor proyek menggunakan bahan material dari tambang ilegal yang terdapat di wilayah tersebut.

Ketua Kontri Pantura, Hery Sampurno, dalam pernyataannya menegaskan bahwa kontraktor yang memenangkan tender pembangunan GOR harus menggunakan material dari tambang yang memiliki izin resmi. “Kami akan memastikan bahwa proses pembangunan ini sesuai dengan hukum dan tidak melibatkan material ilegal yang dapat merugikan daerah,” ujar Hery Sampurno, yang juga seorang wartawan senior dan advokat, Rabu (19/06/2024).

Pembangunan GOR Gelora Bung Karna, yang dibiayai sebesar Rp30,8 miliar dari APBD 2024, harus mematuhi Undang-Undang Minerba tahun 2009 yang mengatur penggunaan bahan material dari tambang berizin. Hery Sampurno menyoroti potensi konsekuensi hukum yang berat bagi pihak yang menggunakan material ilegal, termasuk ancaman hukuman pidana dan denda yang signifikan.

Kontri Pantura juga akan terus melakukan pengawasan dan investigasi secara intensif. Jika ditemukan bukti penggunaan material ilegal dalam proyek ini, mereka berencana untuk melaporkan kasus tersebut ke Polda Jatim dan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Hery Sampurno mengingatkan bahwa pembangunan infrastruktur publik seperti GOR sangat penting bagi masyarakat, dan penggunaan material yang berkualitas dan legal adalah kunci keberhasilannya. “Kami tidak akan mentolerir penggunaan material ilegal yang dapat mengancam keamanan dan keberlanjutan proyek ini,” tegasnya.

Dia juga mencatat bahwa di Situbondo terdapat beberapa tambang yang belum memiliki izin atau menggunakan izin yang tidak sesuai peruntukannya. “Kami berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku demi kepentingan bersama,” tambah Hery Sampurno.

Dengan pendekatan yang proaktif dan pengawasan yang ketat, Kontri Pantura bertekad untuk memastikan bahwa proyek GOR Gelora Bung Karna berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, demi kesejahteraan dan keamanan masyarakat Situbondo.

(Edi D/Red/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *