Bambang Soesatyo: Pentingnya Food Safety Nets dalam Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

 

*Oleh: Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI/Dosen Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Borobudur, Universitas Trisakti dan Universitas Pertahanan RI (UNHAN).*

**Patrolihukum.net** – Gagasan presiden terpilih Prabowo Subianto tentang Food safety nets menjadi sangat relevan dan urgen dalam menghadapi ekses ketidakpastian saat ini, terutama bagi komunitas yang lemah dan berkekurangan. Dengan meningkatnya jumlah warga miskin akibat gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), realisasi Food safety nets harus dipastikan efektif untuk memenuhi kebutuhan individu atau komunitas warga yang rentan dari kerawanan pangan.

Setelah naiknya harga minyak mentah di pasar dunia dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), sebagian besar publik memahami bahwa perekonomian nasional juga menerima dampak dari fluktuasi dua indikator tersebut.

Banyak orang menyatakan bahwa perekonomian Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Harga barang dan jasa naik, daya beli menurun. Bahkan komunitas kelas menengah pun mengeluh karena tabungan keluarga menipis, terkuras untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Perekonomian nasional yang sedang tidak baik-baik saja semakin terkonfirmasi dengan laporan dan pemberitaan tentang masifnya PHK.

Realisasi dari gagasan Food safety nets ini harus segera diimplementasikan dengan baik agar dapat memberikan perlindungan yang cukup bagi masyarakat yang paling terdampak oleh kondisi ekonomi yang tidak stabil ini.

(Edi D)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *