Antasari Festival Band Nasional Piala Panglima TNI: Pencarian Bakat Musisi Muda

BANJARMASIN – Ajang pencarian bakat Antasari Festival Band Nasional 2024 Piala Panglima TNI resmi dibuka oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto, S.E., M.I.P., di Halaman Kantor Lama Gubernur Kalimantan Selatan, Jl. Jend. Sudirman Banjarmasin, pada Jumat (20/9/2024) malam. Acara ini dihadiri oleh Kasrem 101/Antasari, para Kasi Korem, Dandim 1007/Banjarmasin, serta para peserta dan juri yang siap memberikan penilaian.

 

Festival ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-79 TNI TA 2024, serta bertujuan untuk mengembangkan kreativitas seni dan meningkatkan prestasi musisi muda di Kalimantan Selatan dan sekitarnya. Kolonel Inf Gatot Misbah Munawar, S.H., selaku Ketua Panitia, menyatakan bahwa festival berlangsung selama tiga hari dari tanggal 20 hingga 22 September 2024, diikuti oleh 64 klub band dari berbagai daerah dan kategori.

 

“Peserta terdiri dari kategori pelajar SMA/sederajat, mahasiswa, dan kategori umum/seniman band, yang berasal dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur,” jelasnya. Tim juri yang akan menilai penampilan para peserta terdiri dari musisi profesional, seperti Dian “Candil” Dipa Chandra (Ex Band Seurieus), Arie Widhiawan (Ex Band Lingua), dan Ady (Ex Band Naff), serta akademisi dari Universitas PGRI Kalsel.

 

Dalam sambutannya, Danrem 101/Ant Brigjen TNI Ari Aryanto menegaskan pentingnya kegiatan ini dalam menciptakan musisi berbakat dari Kalimantan Selatan yang mampu bersaing di tingkat nasional. “Diharapkan melalui festival ini akan lahir musisi-musisi yang dapat mengharumkan nama daerah di tingkat yang lebih tinggi,” harap Danrem.

 

Setiap peserta diwajibkan membawakan satu lagu wajib dari daftar yang ditentukan, seperti “Bendera” (Coklat), “Garuda di Dadaku” (Netral), “Gebyar-Gebyar” (Gombloh), “Rumah Kita” (Good Bless), dan “Meraih Bintang” (Via Valen), serta satu lagu bebas dari genre Pop atau Rock dengan durasi maksimal 15 menit. Penilaian dilakukan berdasarkan kriteria performance, skills, harmony, dan expression.

 

Dari setiap kategori, akan diambil tiga besar yang berhak mengikuti babak final di Siring Depan Balai Kota Banjarmasin pada tanggal 22 September mendatang. (Penrem 101)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *